LARANGAN DAN BAHAYA TIDUR SETELAH SUBUH

TIDUR SETELAH SUBUH......OOOHHH NOOO.........!!!!!!!!!!!!!!!


Selamat pagi sob.......


Artikel kali ini adalah tentang bahaya tidur setelah subuh......
Yang mana artikel ini adalah request dari ihwat saya dari daerah barat kota bojonegoro.....

Oookee langsung aja yaa....
Mungkin dari sebagian besar teman teman sangat hobby tidur pagi, apalagi tidur setelah subuh.....heheheheh (termasuk saya juga sobb....)..


Cerita sedikit ya sobb...dulu waktu sya masih kecil, yang masih duduk di bangku SD sobb....saya sering tuh di bangunin sama orang tua dan di larang tidur setelah subuh, kalau sampai tidur saya pasti di siram soob....(kasiaann yaa......)

Usut punya usut ni soobb... ternyata tidur setelah subuh ini bisa mengakibatkan kesehatan kita menurun sob.....dan menimbulkan penyakit,.....berikut keterangannya....

Sahabat  Ibn ‘Abbas ra, bahwasannya beliau pernah melihat anaknya tidur diwaktu pagi, kemudian beliau mendatangi anaknya dan berkata kepada anaknya:

"Bangunlah engkau! Apakah kamu akan tidur sementara waktu pagi adalah waktu pembagian rezki?"

Di dalam sebuah hadis Nabi Muhammad juga bersabda:

“Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi harinya” (HR. Abu Dawud no. 2606, Tirmidzi no. 1212, Ibnu Majah no. 2236, shahihAt-Targhiib waTarhiib no, 1693)

Dalam riwayat lain, Rasulullah Saw bersabda:

“Diberikan barakah kepada ummatku di pagi harinya” (HR. Abu Dawud at-Thaayalisy dishahihkan Syaikh Alalbani dalam ShahihJami’ush Shaghir no. 2841)

Rasulullah Saw. bersabda:

“Seusai shalat fajar (subuh) janganlah kamu tidur sehingga melalaikan kamu untuk mencari rezeki.” (HR. Thabrani)

Dari keterangan di atas dapat kita ambil suatu pelajaran bahwa Tidur yang terlarang yang dimaksudkan disini  adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit. Ini di karenakan waktu setelah subuh adalah waktu untuk menuai ghanimah (pahala yang berlimpah).

Mungkin dari kalian (yang pernah hidup di pesantren), pernah melihat Para Kyainya diwaktu malam gak pernah tidur, dan para Kyai tersebut tidurnya setelah matahari terbit. Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rizki dan datangnya barakah (banyak kebaikan).”
Jadi sobat jangan kaget kalau lihat para ulama atau kyai rezekinya selalu mengalir bagaikan air......
Teruss pertanyaannya ni sobb...kegiatan apa yang harus kita lakukan untuk mengisi waktu setelah subuh itu sobb..

Berkenaan dengan mengisi waktu setelah shalat subuh ini, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah bersabda:

Peliharalah waktu itu dengan mengisinya melalui tilawah Al-Qur’an satu juz dalam satu hari, berdzikir atau menghafal. Inilah yang dilakukan Rasulullah Saw. selesai menunaikan shalat subuh, bahwa beliau duduk di tempat shalatnya hingga terbit matahari.”

Ada sebuah amalan yang sangat besar fadhilahnya apabila dilakukan seseorang dalam rangka memanfaatkan waktu di pagi hari ini. Hal ini dapat kita ketahui dari sebuah hadits, yakni dari Anas bin Malik r.a., ia berkata bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda:

“Barangsiapa shalat fajar (shalat subuh) berjamaah di masjid, kemudian tetap duduk berdzikir mengingat Allah, hingga terbit matahari lalu shalat dua rakaat (shalat dhuha), maka seakan-akan ia mendapatkan pahala haji dan umrah dengan sempurna, sempurna, dan sempurna.” (HR. Tirmidzi)

Betapa besar pahala orang shalat subuh dengan berjamaah di masjid, kemudian tetap duduk untuk berdzikir hingga terbit matahari, lantas dilanjutkan dengan shalat dhuha, seakan ia mendapatkan pahala haji dan umrah dengan sempurna.

Dan untuk bahaya tidur setelah sholat subuh berikut keterangannya..

1.    Diabetes
Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur terlalu lama di malam hari bisa meningkatkan risiko diabetes.

2.     Obesitas
Tidur terlalu lama atau terlalu sedikit bisa membuat berat badan bertambah. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur sebanyak sembilan sampaio 10 jam setiap malam memiliki risiko obesitas 21 persen lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur tujuh sampai delapan jam setiap malam.
3.     Sakit kepala

Bagi beberapa orang yang rentan terkena sakit kepala, tidur lebih lama dari biasanya ketika akhir minggu atau hari libur bisa menyebabkan sakit kepala. Hal ini menurut peneliti disebabkan oleh efek terlalu banyak tidur pada serotonin. Orang yang tidur terlalu lama di siang hari sehingga tak bisa tidur di malam hari juga bisa menderita sakit kepala di pagi harinya.
4.    Depresi

Meski insomnia biasanya dikaitkan dengan depresi, namun peneliti mengungkap bahwa 15 persen orang yang mengalami depresi memiliki kebiasaan tidur lebih lama dari biasanya. Tidur lebih lama juga diketahui bisa membuat mereka lebih merasa depresi. Tidur dengan jam yang sama setiap hari secara rutin adalah hal yang penting untuk dilakukan jika tak ingin mengalami depresi.
5.    Penyakit jantung

Penelitian yang dilakukan oleh Nurses Health Study pada 72.000 wanita menunjukkan bahwa wanita yang tidur terlalu lama, yaitu sembilan sampai 11 jam setiap malam memiliki risiko terkena penyakit jantung 38 persen lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidur selama delapan jam.

JADI GIMANA SEKARANG...?

MASIHKAH KALIAN MAU MEMBIASAKAN TIDUR SETELAH SHALAT SUBUH....?

Sekian yaa soobb....

Semoga bermanfaat....



No comments:

 

Total Pageviews

Search This Blog

Most Reading

Theme images by lobaaaato. Powered by Blogger.