KEUTAMAAN ILMU DAN PEMILIK ILMU..




selamat malam sobatt.....
ngapunten dan mohon maaf baru bisa posting soalnyaa...lagi K.O  sob......

langsung aja ya sobb.. disini saya mencoba mengutip sedikit tentsng keutamaan ILMU dan PEMILIK ILMU.......\


KEUTAMAAN ILMU DAN PEMILIK ILMU

            Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang keutamaan ilmu mari kita mengingat kembali tentang kisah nabi adam as,dimana Allah telah mengangkat derajat nabi adam as di atas para malaikat malaikat Allah,Bahkan Allah memerintahkan kepada para malaikatnya untuk bersujud kepada nabi adam itu semua karena nabi adam as di beri ilmu oleh Allah melebihi ilmunya para malaikat.
Jadi sebab ilmulah manusia itu bisa terhormat dan di mulyakan oleh Allah dan mahluk mahluk Allah,karena ilmu itu merupakan sarana(perantara)untuk bertaqwa kepada Allah swt,Dan dengan taqwa inilah manusia menerima kedudukan terhormat di sisi Allah.


Seperti yang di katakan oleh Muhammad  Bin Hasan Bin Abdullah dalam syairnya;

تعلم فأن العلم زين لأهله   وفضل وعنوان لكل محامد
وكن مستفيداكل يوم زيادة      من العلم واسبح في بحورالفوائد
تفقه فأن الفقه افضل فائد   الى البروالتقوى وأعدل قا صد
هوالعلم الهادى الى السنان الهدى   هوالحصن ينجي من جميع الشدائد
فأن فقيها واحدا متورعا   اشد على الشيطان من ألف واحد

“belajarlah!!! Sebab ilmu adalah penghias bagi pemiliknya,dan keutamaan dan pertanda segala pujian,
Jadikanlah hari harimu untuk menambah ilmu,dan berenanglah kamu di lautan ilmu yang berguna
Belajarlah ilmu agama ,karena ia adalah ilmu yang paling unggul,ilmu yang dapat membimbing menuju jalan kebaikan dan taqwa,ilmu yang paling lurus untuk di pelajari.
Dialah ilmu yang mnunjukkan ke jalan lurus,yakni jalan petunjuk Tuhan yang dapat menyelamatkan manusia dari keresahan,
Oleh karena itu orang yang ahli ilmu agama dan bersifat wara’ itu lebih berat(godaannya)daripada menggoda seribu ahli ibadah yang bodoh(dalam ilmu agama)

Kisah..
Suatu ketika kaum khawarij mendengarkan sabda nabi muhammad saw;
انا مدينة العلم و على بابها  
Aku(Nabi muhammad saw) adalah kotanya ilmu dan ali adalah pintunya..

Kemudian kaum khawarij tersebut sepakat untuk bertanya kepada Sayyidina Ali Ra dengan sepuluh pertanyaan yang jika ali memberikan alasan yang berbeda, maka benarlah apa yang dikatakan Nabi, mereka kemudian mendatangi Sayyidina Ali dan melontarkan pertanyaan secara bergilir dengan pertanyaan yang sama.;lebih utama manakah antara ilmu dengan harta?

Sayyidina alipun selalu menjawab dengan jawaban yang sama tetapi dengan alasan yang berbeda,yaitu lebih utama ilmu..

Kepada penanya pertama ,ia menjelaskan kalau ilmu itu adalah warisan para Nabi sedangkan harta adalah warisan qorun,firaun dll.

Kepada penanya kedua ia menjelaskan bahwa ilmu itu menjagamu sedangkan harta itu kamu yang menjaga..

Pemilik ilmu itu mempunyai sahabat yang banyak akan tetapi pemilik harta itu musuhnya yang banyak “terangnya kepada penanya ketiga.

Kepada penanya ke empat ia menjelaskan”ilmu akan bertambah jika kau pergunakan sedangkan harta akan berkurang  jika engkau pergunakan..

Kepada penanya kelima sayyidina ali menjawab bahwa orang yang berilmu itu akan di mulyakan tetapi orang yang berharta akan ada yang menjulukinya bakhil(pelit).

Harta perlu di jaga dari pencuri sedangkan ilmu tak memerlukan penjagaan jawab ali kepada penanya ke enam..

Kemudian kepada penanya ketujuh ali menjawab orang yang mempunyai harta besok di hari qiyamat akan di mintai tanggung jawab sementara orang yang berilmu akan mendapatkan syafaat.

Kepada penanya kedelapan,ia menjelaskan bahwa jika harta itu di biaarkan cukup lama akan rusak,dan ilmu tak kan musnah dan lenyap

Kepada penanya kesembilan ali menjawab”harta membuat hati kita keras dan buta,sedang ilmu akan menerangi hati kita

Kepada penanya terahir yaitu yang kesepuluh ali menjelaskan bahwa orang yang mempunyai harta akan di panggil dengan sebutan tuan besar,sedang pemilik ilmu akan di juluki ilmuan,kemudian ali berkata “andaikata kalian mendatangkan aku banyak orang niscaya aku akan menjawb dengan jawaban yang berbeda,selagi aku masih hidup.

Maka dari jawaban sayyidina ali tersebut mereka kemudian  kembali  kepada  agama islam.
di dalam hadis juga banyak di terangkan tentang keutamaan ilmu,di antaranya adalah;

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ))مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الجَنَّةِ((. رواه مسلم

Artinya: Dari Abu Hurairah  berkata, Rasulullah  bersabda: “Barangsiapa menempuh satu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah mudahkan baginya jalan menuju surga.”(HR. Muslim)


عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: ((وَإِنَّ الْمَلاَئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ)). رواه أبو داود والترمذي

Artinya: Dari Abu Darda’  berkata, aku mendengar Rasulullah  bersabda: “Dan sesungguhnya para malaikat meletakkan sayap-sayapnya untuk penuntut ilmu sebagai bentuk keridhoaan mereka terhadap apa yang ia lakukan.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Inilah tanjakan pertama yang harus di lalui oleh seorang hamba agar mereka benar benar mampu membulatkan hatinya untuk beribadah kepada Allah swt,karena dengan ilmu ini seorang hamba akan menemukan suatu keyakinan bahwa ibadah tanpa ilmu itu percuma tak ada guna,serta akan mengetahui bahwasanya Allah akan membalas semua amal mereka ketika hidup di dunia,sehingga muncullah dalam hatinya ilmu yaqin terhadap hal hal yang ghoib,seperti yaqin terhadap adanya siksa qubur,neraka,surga,dll.dan mereka akan yaqin bahwa mereka punya satu Tuhan yang berhak untuk di sembah yaitu Allah swt.yang menyururuh mereka untuk senantiasa beribadah dan bersyukur terhadap nikmat nikmat yang telah di berikan Allah kepadanya.


SEKIAN YA SOOBB......

semoga bermanfaat..........


No comments:

 

Total Pageviews

Search This Blog

Most Reading

Theme images by lobaaaato. Powered by Blogger.