KEUTAMAAN SHALAT BERJAMAAH



KEUTAMAAN SHALAT BERJAMAAH


Okee kawan tulisan malam ini akan membahas keutamaan dalam melaksanakan shalat berjamaah..
Kita sebagai seorang muslim mempunyai suatu kewajiban yang wajib kita laksanakan, yang mana kewajiban ini secara langsung di perintahkan oleh Allah kepada kita melalui Rasulillah SAW. Salah satu kewajiban yang wajib kita laksanakan adalah shalat lima waktu. Dan kali ini sobaatt saya akan sedikit menulis tentang keutamaan shalat berjamaah.

Sabda Nabi Muhammad Saw:

shalat berjamaah itu lebih utama dari pada shalat sendirian, sebanyak dupuluh tujuh derajat(tingkatan)”
Sahabat Abu Hurairah ra. Meriwayatkan bahwa Nabi muhammad Saw pernah menanyakan tentang beberapa orang yang sering tidak menghadiri shalat berjamaah bersama beliau, dan beliau bersabda “hampir-hampir aku memerintahkan seseorang untuk mengimami shalat, agar aku dapat pergi kerumah orang-orang yang sering tidak menghadiri shalat jamaah itu, untuk membakar rumah mereka”


Dalam riwayat lain disebutkan:

agar aku dapat pergi kerumah orang-orang yang sering tidak menghadiri shalat jamaah itu, lalu memerintahkan agar rumah rumah mereka dibakar dengan kayu bakar. Seandainya seseorang dari mereka mengetahui akan mendapat sepotong daging berlemak atau dua anak panah(sebagai hadiah) untuk para pengunjung shalat berjamaah (di masjid Nabi saw), niscaya dia akan datang menghadiri shalat isya’ di masjid

Usman meriwayatkan hadist diatas secara marfu’ (yakni menisbatkan ucapan ini kepada Nabi Saw), “barang siapa menghadiri shalat isya’ (berjamaah di masjid), seakan akan dia bertahajjud setengah malam, dan barang siapa menghadiri shalat jamaah shubuh, seakan akan dia bertahajjud semalam suntuk”

Muhammad bin wasi’ berkata “tidak ada lagi yang kyinginkan dari dunia kecuali tiga perkara, yang pertama, seorang saudara, yang apabila dia tahu bahwa aku telah menyeleweng dengan segera dia meluruskanku. Yang kedua rezeki sekedarnya yang datang tanpa susah payahdan tanpa memberatkan tanggung jawab. Ketiga shalat berjamaah yang diampuni bagiku kekurangan didalamnya sementara dicatat bagiku pahalanya”

Sabda Nabi Muhammad saw

Barang siapa mengerjakan shalat-shalatnya selama empat puluh hari dalam jamaah, tidak ketinggalan satu takbiratul ihrampun, Allah swt akan menuliskan baginya dua kebebasan; yang pertama kebeasan dari kemunafikan dan yang kedua kebebasan dari api neraka

Di terangkan juga bahwasannya , kelak pada hari qiyamat, ada sekelompok orang yang dibangkitkan dalam keadaan wajah-wajah mereka laksana bintang gemerlapan. Malaikatpun bertanya kepada sekelompok orang tadi “apa gerangan amal-amal kalian? Sehingga wajah wajah kalian bersinar bagaikan bintang!! Lalu kelompok orang tersebut menjawab ”kami dahulu, apabila mendengar adzan, segera bangkit untuk berwudhu, tak satupun yang menyibukkan kaminya”

Kemudian akan ada lagi kelompok yang dibangkitkan, yang mana wajah mereka akan bercahaya bagaikan bulan purnama. Setelah ditanya malaikat mereka menjawab ”kami selalu berwudhu sebelum masuk waktu shalat”

Kemudian akan ada lagi sekelompok orang yang ketika di bangkitkan wajah mereka bersinar laksana matahari. Dan ketika ditanya mereka akan menjawab “kami selalu mendengarkan adzan di dalam masjid”

Dari keterangan diatas, tentu kita bisa melihat begitu utamanya shalat berjamaah itu, sampai sampai besok pada hari kiyamat orang-orang yang selalu shalat berjamaah akan di bangkitkan dalam keadaan wajah mereka bercahaya.
Jadi sobatt...marilah kita bertanya kepada diri kita..
Sudahkah aku shalat?

Sudahkah aku shalat berjamaah?

SEKIAN SOBATTTT ......semoga bermanfaat..

keteranga di anbil dari kitab IHYA' ULUMUDDIN karya IMAM GHAZALI

No comments:

 

Total Pageviews

Search This Blog

Most Reading

Theme images by lobaaaato. Powered by Blogger.